Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor
- Knalpot racing atau free flow yang marak dijual dipasaran memang
banyak jadi incaran pengendara motor. Tak heran kalau produsen knalpot
racing semakin menjamur tahun-tahun belakangan. Sadar tidak sadar
penggantian knalpot standar dengan racing ternyata ada positif
negatifnya juga. Apa sajakah itu?
Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor
Efek Positif Knalpot Racing
Umumnya knalpot racing
dibuat tanpa sekat (blong), sehingga aliran gas buang jadi lebih
lancar. Efeknya performa motor lebih bertenaga. Tak heran kalau
pengujian melalui alat pengukur kecepatan kerap menunjukkan adanya
peningkatan power dengan nilai yang bervariatif, mulai dari 0,2 dk
hingga diatas 1 dk! Cukup terasa juga efeknya untuk pemakaian harian.
Efek Negatif Knalpot Racing
Knalpot standar memiliki sekat-sekat di dalamnya. Sekat ini berfungsi
ganda. Salah satunya sebagai penahan sisa gas buang agar tidak langsung
terbuang semua melainkan tertahan sebagian lalu difungsikan sebagai
tendangan balik untuk menciptakan akselerasi / daya dorong. Efek
tendangan balik ini juga membantu klep agar bisa balik ke posisi semula
sesaat setelah langkah buang.
Tanpa adanya efek tendangan balik ini membuat mesin jadi lebih cepat panas karena deposit gas masuk dengan buang tidak seimbang. Tak heran kalau efek negatif knalpot racing yang sering dikeluhkan rider kebanyakan adalah mesin terasa kering, mesin berteriak, akselerasi agak lemot, dll. Tak jarang kita harus membuka selongsong gas lebih besar untuk mendapatkan akselerasi. Efeknya bensin jadi boros. Untuk jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada piston dan silinder.
Tanpa adanya efek tendangan balik ini membuat mesin jadi lebih cepat panas karena deposit gas masuk dengan buang tidak seimbang. Tak heran kalau efek negatif knalpot racing yang sering dikeluhkan rider kebanyakan adalah mesin terasa kering, mesin berteriak, akselerasi agak lemot, dll. Tak jarang kita harus membuka selongsong gas lebih besar untuk mendapatkan akselerasi. Efeknya bensin jadi boros. Untuk jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada piston dan silinder.
Solusi Mengatasi Efek Negatif Knalpot Racing
Solusi mengatasi efek negatif knalpot racing ini bisa dicoba dengan mensetting ulang spuyer / karburator untuk motor karbu. Untuk motor injeksi bisa diakali dengan mensetting ulang udara (co) atau dengan penambahan part aftermarket seperti o2 manipulator, piggyback, atau ECU.Dengan settingan yang tepat, bukan saja membuat performa lebih josss.. konsumsi BBM pun jadi lebih irit. Tak perlu membuka selongsong gas terlalu banyak untuk mengail akselerasi. Silahkan dibandingkan bro, antara setting dengan tanpa setting :-)
Demikianlah informasi mengenai Efek Positif Negatif Knalpot Racing Pada Sepeda Motor. Semoga bermanfaat.