Honda CBR250RR 2016 -
Penampakan perdana Honda CBR250RR 2016 mulai muncul. Dimuat di majalah
Young Machine edisi terbaru merupakan konsep supersport dari generasi
terbaru CBR 250cc yang bermesin 2-silinder. Motor yang kabarnya bakal
dipamerkan di Tokyo Motor Show akhir Oktober 2015 ini memang punya
tampilan yang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya dengan mesin
silinder tunggal.
Dengan tagline "Lightweight Supersport Concept" nya,
bentuk motor produksi massalnya belum tentu akan sama dengan konsep
prototipe yang dimunculkan oleh Young Machine ini. Merujuk apa yang
dilakukan oleh Yamaha pada Tokyo Motor Show 2014 silam dengan R25 nya
juga akhirnya sedikit berbeda dengan versi produksi massalnya, namun
tidak terlalu signifikan. Kemungkinan perbedaan versi konsep dengan
versi massalnya hanya minus spion, lampu sein, lampu depan jok dan
footstep pembonceng, fender belakang, dan knalpot standarnya saja.
Melirik gambar tampilan Honda CBR250RR terbaru yang dirilis oleh majalah
Young Machine, konsep Honda CBR250RR memang mencerminkan aura sporty
yang kuat. Jika CBR250R Fi Thailand lebih ke konsep ergonomis dan elegan
dengan bodi agak membulat, CBR250RR justru lebih kearah sport tulen.
Pada buritan belakang sudah bergaya split seat. Sepintas mirip dengan
buntut Kawasaki Ninja H2. Fairing motor tampil dengan desain terbaru. Tidak lagi memakai konsep fairing CBR250R dual keen eyes (versi 2014).
Ciri khas yang paling mencolok di sektor kaki-kaki adalah jenis suspensi
upside-down nya. Membandingkan dengan motor 250cc milik kompetitor,
CBR250RR adalah satu-satunya yang punya perbedaan di sektor ini. Untuk
perangkat pengereman dibekali piringan cakram model gelombang dengan
dijepit rem cakram Nissin. Tapi kelihatannya, remnya bukan jenis radial mount caliper
seperti yang digosipkan sebelumnya. Di bagian belakang juga terlihat
sudah memakai banana arm yang lebih ekslusif dan sporty. Di sektor ban
memakai brand keluaran Dunlop. Speknya tidak nampak jelas apakah
ukurannya sama dengan CBR250R keluaran sekarang atau bukan.
Beralih ke bagian bodi, sasisnya berjenis dual twin spar dengan
double beam (4 batang). Lumayan sangar juga kelihatannya. Untuk lekukan
fairing dan tangki terlihat sporty dan futuristik. Bagian spakbor depan
berbalut detail carbon. Desain headlampnya agak mirip dengan yang
ditampilkan di majalah Young Machine sebelumnya, dengan lampu jenis LED
yang agak tersembunyi di headlamp model menyempit runcingnya. Sedangkan
di bagian kemudi belum ada bocoran desain speedometernya. Tapi, sekilas
di sektor kemudi sudah memakai gas spontan dengan throttle 2 kabel serta
engine kill switch di kemudi kanan.
Ke bagian mesin, seperti yang sudah digosipkan di jauh-jauh hari,
CBR250RR terbaru ini sudah menggunakan mesin 2-silinder segaris.
Terlihat di bagian leher knalpot dibawah ini, ada 2 header menyembul
keluar. Nampaknya support juga untuk jenis knalpot slip-on seperti yang
terlihat di gambar yang memakai silencer Akrapovic. Terdapat sambungan
knalpotnya di tengah.
mesin 2-silinder |
mesin terbaru dan knalpot jenis slip-on (supported) |
CBR250RR 2-silinder 2016 dan Versi Prototipe
Honda CBR250RR 2016 |
Nah, selanjutnya kita tunggu saja perkembangan terkini dari andalan terbaru Honda di kelas 250cc ini.
Demikianlah informasi mengenai Honda CBR250RR Serba Lancip Dengan Desan Anyar. Semoga bermanfaat :-)