Honda NM4 Vultus: Teknologi Dual Kopling Pertama dan Cara Kerjanya - Honda NM4 Vultus adalah salah satu dari 6 moge Honda
yang diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor pada pertengahan 2015. Dari
semua varian moge, NM4 Vultus adalah satu-satunya yang punya tampilan
berbeda. Kesan pertama melihat moge ini saat di PRJ 2015 lalu memang
kental dengan konsep futuristik. Dimensinya serba kekar dan tajam. Mirip
dengan motor di film-film fiksi Hollywood. Hehe..
Dual Clutch Transmission: Teknologi Honda NM4 Vultus
Mencoba membedah lebih kedalam fitur yang ada pada NM4 Vultus memang sudah dibekali dengan teknologi muktahir. Salah satunya adalah motor dengan teknologi Dual-Clutch Transmission (DCT) yang diklaim masih satu-satunya di dunia. Teknologi dual clutch ini memungkinkan Honda NM4 Vultus dikendarai dengan mode matic atau manual dengan 6-percepatan. Pindah transmisinya pun unik, melalui tombol + dan - yang terdapat pada setang kemudi.Teknologi Kopling Ganda |
Dari 2 buah kopling, masing-masing bekerja secara ganjil dan genap. Jadi
saat kopling pertama masuk ke gigi-1, maka kopling yang satunya lagi
sudah langsung bersiap ke posisi gigi-2. Jadi saat di gas, perpindahan
gigi terjadi secara cepat dan otomatis tanpa jeda. Bedanya dengan motor
matic umumnya, suara 'ceklik' tanda perpindahan gigi tetap terdengar di
NM4 Vultus. Sedangkan di panel speedometer tetap ada informasi indikator
gigi dengan angka 1-6. Bagi yang hobi ngebut, bisa juga menyetel ke
mode 'S'. Disini perpindahan gigi terjadi di rpm yang lebih tinggi.
Diatas adalah cara kerja transmisi Honda NM4 Vultus dengan mode automatic (D dan S). Kalau untuk mode manualnya (M) bisa disetel dengan menekan tombol di bagian kanan setang. Saat aktif di mode manual, indikator di speedometer akan berubah jadi merah. Untuk selanjutnya perpindahan gigi dilakukan dengan menekan tombol + dan - seperti yang dijelaskan sebelumnya.
Dengan teknologi Dual Clutch Transmission ini, NM4 Vultus juga
menggunakan teknologi crankshaft 270° yang ditopang 2 balancer shaft
sekaligus di posisi depan-belakang. Dengan mesin berkapasitas besar,
Honda NM4 Vultus juga pakai dimensi stroke panjang seperti yang
diaplikasikan pada kendaraan roda empat. Efeknya rpm limit lebih rendah.
Kalau motorsport lainnya punya rpm mentok di 10.000-an, maka NM4 Vultus
hanya mentok sampai 6.500 rpm. Tapi efeknya, torsi NM4 jadi sangar.
Penggunaan bahan-bahan seperti Piston molibdenum, pompa air di camshaft
serta pompa air yang seporos dengan balancer membuat kerja mesin jadi
ringan dan minim gesekan. Efeknya lebih tahan terhadap suhu panas.
Diatas adalah cara kerja transmisi Honda NM4 Vultus dengan mode automatic (D dan S). Kalau untuk mode manualnya (M) bisa disetel dengan menekan tombol di bagian kanan setang. Saat aktif di mode manual, indikator di speedometer akan berubah jadi merah. Untuk selanjutnya perpindahan gigi dilakukan dengan menekan tombol + dan - seperti yang dijelaskan sebelumnya.
mode transmisi Honda NM4 Vultus |