Spesifikasi dan Info Harga Motor, Review Motor Honda, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, dll

Mesin 2-tak Honda Bermesin Injeksi Terbaru Segera Hadir

Mesin 2-tak Honda Bermesin Injeksi Terbaru - Bisa dibilang kendaraan bermesin 2-tak adalah teknologi lawas yang sudah hampir hilang dari peredaran. Sejauh ini, hanya Kawasaki Ninja 150RR saja yang masih mengadopsi mesin ini. Melirik jauh ke belakang, di era 80 dan 90-an, sepeda motor bermesin 2-tak merupakan rajanya motor kencang. Sebut saja beberapa nama motor legendaris seperti Honda NSR, Yamaha RX King, Kawasaki Ninja dan Suzuki RGR.
Seiring dengan berjalannya waktu, adanya regulasi emisi gas buang di era modern (EURO-3) membuat kendaran bermesin 2-tak berguguran satu per-satu.
Dengan hampir punahnya sepeda motor bermesin 2-tak, kabar mengejutkan justru datang dari pabrikan Honda. Kalau sebelumnya, pabrikan berlogo sayap itu menjadi pabrikan yang paling getol menerapkan mesin ramah lingkungan, baru-baru ini pabrikan yang didirikan oleh Soichiro Honda itu justru mematenkan mesin anyarnya yang berjenis 2-tak.
Mesin 2-tak Honda terbaru ini rencananya bakal diaplikasikan ke kendaraan terbarunya nanti yang masih belum diketahui varian apa.

Mesin 2-tak Honda Terbaru dan Keistimewaannya

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin banyak diantara kita yang belum tahu perbedaan kendaraan mesin 2-tak dengan 4-tak.

Perbedaan Mesin 2-tak dan 4-tak Serta Cara Kerjanya

Melirik arsitektur mesinnya, motor 2-tak jauh lebih sederhana. Komponennya pun lebih sedikit. Komponen inti terdiri dari crankcase, piston, katup masuk, saluran bilas dan buang. Cara kerja mesin 2-tak hanya meneruskan pasokan bahan bakar dari karburator menuju crankcase melalui saluran masuk, kemudian menuju ke piston, bercampur dengan percikan busi.
Ledakan bunga api dari busi membuat piston bergerak ke titik mati bawah (TMB). Bersamaan dengan itu campuran bahan bakar menyusup naik ke atas piston dan siap dikeluarkan dari knalpot. Jadi gerakan piston hanya 1x bolak-balik.
cara kerja mesin 2-tak
ilustrasi cara kerja mesin 2-tak
Sedangkan cara kerja mesin 4-tak lebih rumit lagi. Campuran bahan bakar masuk dalam silinder, kemudian piston naik ke atas untuk memberi kompresi yang diikuti dengan pemberian percikan api busi. Proses terakhir dilanjutkan dengan piston bergerak ke bawah dan kembali ke atas untuk mendorong sisa pembakaran ke knalpot. Dengan demikian, proses pembakaran mesin 4-tak lebih panjang. Diperlukan 2x gerakan piston bolak-balik baru pembakaran dikeluarkan dari saluran knalpot.
perbedaan mesin 2-tak dan 4-tak
cara kerja mesin 4-tak
Jadi untuk efisiensi bahan bakar, jelas mesin 4-tak lebih irit karena tak ada bahan bakar percuma yang ikut terbuang saat proses pembilasan. Untuk urusan tenaga, mesin 2-tak lebih sangar dengan proses pembakaran lebih singkat.

Apa Perbedaan Mesin 2-tak Honda Terbaru ?

mesin 2-tak honda terbaru

Nah, diatas adalah penjelasan cara kerja mesin 2-tak lawas. Perbedaannya dengan mesin 2-tak Honda terbaru yang dikembangkan ini justru mengkombinasikan teknologi injeksi. Jadi sebut saja mesin injeksi 2-tak Honda! Cara kerjanya mirip dengan mesin 4-tak dengan semburan bensin dimulai dari atas piston, bukan di bawah seperti halnya mesin 2-tak lawas.
Mesin 2-tak Honda bermesin Injeksi ini kabarnya juga sedang dikembangkan oleh pabrikan KTM dan Husqvarna. Pengembangan mesin 2-tak bermesin injeksi ini diharapkan dapat mengefisiensikan biaya produksi dengan menghasilkan mesin yang tetap tangguh. Hmmm.. kita tunggu saja terobosan terbaru dari Honda ini. Kira-kira motor apa ya yang bakal pertama kali dibekali oleh mesin ini?
Demikianlah informasi mengenai Mesin 2-tak Honda Bermesin Injeksi. Semoga bermanfaat :-)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mesin 2-tak Honda Bermesin Injeksi Terbaru Segera Hadir