Mesin 2-tak Honda Bermesin Injeksi Terbaru
- Bisa dibilang kendaraan bermesin 2-tak adalah teknologi lawas yang
sudah hampir hilang dari peredaran. Sejauh ini, hanya Kawasaki Ninja
150RR saja yang masih mengadopsi mesin ini. Melirik jauh ke belakang, di
era 80 dan 90-an, sepeda motor bermesin 2-tak merupakan rajanya motor
kencang. Sebut saja beberapa nama motor legendaris seperti Honda NSR,
Yamaha RX King, Kawasaki Ninja dan Suzuki RGR.
Seiring dengan berjalannya waktu, adanya regulasi emisi gas buang di era
modern (EURO-3) membuat kendaran bermesin 2-tak berguguran satu
per-satu.
Dengan hampir punahnya sepeda motor bermesin 2-tak, kabar mengejutkan
justru datang dari pabrikan Honda. Kalau sebelumnya, pabrikan berlogo
sayap itu menjadi pabrikan yang paling getol menerapkan mesin ramah
lingkungan, baru-baru ini pabrikan yang didirikan oleh Soichiro Honda
itu justru mematenkan mesin anyarnya yang berjenis 2-tak.
Mesin 2-tak Honda terbaru ini rencananya bakal diaplikasikan ke
kendaraan terbarunya nanti yang masih belum diketahui varian apa.
Mesin 2-tak Honda Terbaru dan Keistimewaannya
Sebelum membahas lebih jauh, mungkin banyak diantara kita yang belum tahu perbedaan kendaraan mesin 2-tak dengan 4-tak.
Perbedaan Mesin 2-tak dan 4-tak Serta Cara Kerjanya
Melirik arsitektur mesinnya, motor 2-tak jauh lebih sederhana.
Komponennya pun lebih sedikit. Komponen inti terdiri dari crankcase,
piston, katup masuk, saluran bilas dan buang. Cara kerja mesin 2-tak
hanya meneruskan pasokan bahan bakar dari karburator menuju crankcase
melalui saluran masuk, kemudian menuju ke piston, bercampur dengan
percikan busi.
Ledakan bunga api dari busi membuat piston bergerak ke titik mati bawah
(TMB). Bersamaan dengan itu campuran bahan bakar menyusup naik ke atas
piston dan siap dikeluarkan dari knalpot. Jadi gerakan piston hanya 1x bolak-balik.
ilustrasi cara kerja mesin 2-tak |
Sedangkan cara kerja mesin 4-tak lebih rumit lagi. Campuran bahan bakar
masuk dalam silinder, kemudian piston naik ke atas untuk memberi
kompresi yang diikuti dengan pemberian percikan api busi. Proses
terakhir dilanjutkan dengan piston bergerak ke bawah dan kembali ke atas
untuk mendorong sisa pembakaran ke knalpot. Dengan demikian, proses
pembakaran mesin 4-tak lebih panjang. Diperlukan 2x gerakan piston bolak-balik baru pembakaran dikeluarkan dari saluran knalpot.
cara kerja mesin 4-tak |
Jadi untuk efisiensi bahan bakar, jelas mesin 4-tak lebih irit karena
tak ada bahan bakar percuma yang ikut terbuang saat proses pembilasan.
Untuk urusan tenaga, mesin 2-tak lebih sangar dengan proses pembakaran
lebih singkat.
Apa Perbedaan Mesin 2-tak Honda Terbaru ?
Nah, diatas adalah penjelasan cara kerja mesin 2-tak lawas. Perbedaannya
dengan mesin 2-tak Honda terbaru yang dikembangkan ini justru
mengkombinasikan teknologi injeksi. Jadi sebut saja mesin injeksi 2-tak
Honda! Cara kerjanya mirip dengan mesin 4-tak dengan semburan bensin
dimulai dari atas piston, bukan di bawah seperti halnya mesin 2-tak
lawas.
Mesin 2-tak Honda bermesin Injeksi ini kabarnya juga sedang dikembangkan
oleh pabrikan KTM dan Husqvarna. Pengembangan mesin 2-tak bermesin
injeksi ini diharapkan dapat mengefisiensikan biaya produksi dengan
menghasilkan mesin yang tetap tangguh. Hmmm.. kita tunggu saja terobosan
terbaru dari Honda ini. Kira-kira motor apa ya yang bakal pertama kali
dibekali oleh mesin ini?
Demikianlah informasi mengenai Mesin 2-tak Honda Bermesin Injeksi. Semoga bermanfaat :-)