Review KTM RC200
- KTM Indonesia baru saja meluncurkan 2 motorsport full fairing anyar
mereka, yaitu KTM RC390 dan RC200. Untuk varian KTM RC390 telah dibahas
pada tulisan sebelumnya. Nah, bagaimana dengan 'adik' nya yang
dibanderol dengan harga Rp. 59,5 juta ini?
Review KTM RC200: Motorsport: Diferensiasi Full Fairing Yang Ada di Pasaran
Sepintas memang tak jauh berbeda antara KTM RC200 dan RC390. Ciri khas
yang paling ketara dari motorsport Eropa ini adalah rangka tralis
berwarna oranye yang sudah jadi ciri khas flagship motor-motor keluaran
KTM. Dari segi kapasitas mesinnya memang terkesan 'nanggung', karena
dibawah motor kelas 250cc namun ada diatas motorsport 150cc. Strategi
diferensiasi ini yang jadi senjata pabrikan otomotif KTM yang sudah
tersohor di kelas dirt bike nya.
Melirik spesifikasi powernya, KTM RC200 dibekali dengan mesin 1-silinder
berkapasitas 199,5cc dengan power maksimum hingga 24,65 hp pada putaran
10.000 rpm serta torsi hingga 18,2 Nm pada putaran 8.000 rpm. Dengan
spek power yang dimiliki, memang performa KTM RC200 berada diatas
motorsport full faring sejenis yang beredar di pasaran. Apalagi,
bobotnya cuma 137,5 kg!
Test Ride KTM RC200: Ergonomi, Kopling, Performa
Review KTM RC200 |
Mencoba menaiki atas jok KTM RC200, ketinggian jok memang cukup rendah.
Memudahkan bagi mereka yang punya ketinggian badan 165-170cm. Untuk
suara mesin yang dikeluarkan dari knalpot ternyata sangat halus dan
bersahabat. Coba menekan tuas kopling lalu memasukkan gigi terasa empuk.
Tuas koplingnya juga enteng dan tidak membuat pegal. Riding position
KTM RC200 agak berbeda dengan Yamaha R15 maupun CBR150R. Terasa cukup
membungkuk, juga sedikit membusung. Sudut setang terasa lebih panjang
keluar.
Memutar gas sedikit, laju akselerasi lumayan terasa menghentak. Walau
masih termasuk melandai, namun masih cukup enak untuk berakselerasi di
situasi jalan seperti perkotaan. Sedikit menemui jalanan sepi, putaran
atas KTM RC200 terasa sangat bertenaga, layaknya Honda CBR150R versi
bore-up. Namun, powernya masih agak empuk. Tidak segahar Ninja 250 dan
agak sedikit dibawah CBR250R.
Dari lintas trek lurus yang dijajal, top speed KTM RC200 menyentuh angka
137 km/jam. Barangkali jika situasi sepi, top speed masih bisa digeber
sampai mentok limiter. Untuk perangkat pengereman depannya tak ada
masalah dan bisa diandalkan untuk menghentikan laju dengan halus.
KTM RC200 dan Fitur Khas Yang Tak Dimiliki Pesaingnya
Dengan harga Rp. 59,5 juta, value KTM RC200 memang lebih mahal daripada
Ninja 250 maupun Yamaha R25. Namun, dari segi ekslusifnya, KTM RC200
jelas tak kalah gengsi. Apalagi, suspensi depannya juga sudah
menggunakan jenis upside-down ala motor balap yang bahkan belum
diaplikasikan di Ninja 250 maupun Yamaha R25. Fitur elegan lannya adalah
instrumen speedometer yang sangat lengkap, hidden seat jok belakang
yang terlihat seperti single seater, knalpot underbelly model kolong,
serta konsep headlamp model dual projector.
Nah, tertarik untuk menjajal KTM RC200 ini?
Demikianlah informasi mengenai Review KTM RC200: Impresi, Ergonomi & Performa si Motorsport Eropa. Semoga bermanfaat :-)